Minggu, 25 November 2012

Modifikasi Honda Civic SQ : Dari Hobi Jadi Ikut Kontes

Hobi yang dimiliki oleh Gregorius Haryanto Hie sebenarnya sederhana, yaitu mendengarkan musik. Hal ini membuatnya harus bisa mendengarkan musik setiap saat dia mau, salah satunya jika saat berkendara dengan mobil kesayangannya. Makanya sistem audionya dirombak dengan konsep Sound Quality untuk memenuhi hasratnya.
Honda All New Civic Modifikasi SQ
“Ingin mencoba suara yang lebih jernih, dan khususnya bisa membuat perjalanan saya lebih nyaman dengan sistem audio sekarang ini. Sebenarnya modifikasi SQ sudah dari tahun 2009, tapi awal tahun 2012 dirombak lagi menjadi seperti sekarang,” ungkapnya ketika ditanya pertama kali mengenai Honda All New Civic miliknya.
Honda All New Civic Modifikasi SQ
Dari modifikasi yang dilakukan, pria ramah ini pun mengikutsertakan Honda All New Civic nya pada kontes SQ di mobile SOUND FESTIVAL (mSF) 2012 bulan Oktober lalu kelas Pro 50 Juta.

Peredam Cukup Di Bagian Penting

Jika mobil dengan sistem audio SQ biasanya dilapisi peredam di sekujur bodi, tetapi Honda All New Civic bergaya Mugen RR ini hanya beberapa bagian saja yang dilapisi peredam oleh Amin, installer Soundsation. “Peredam hanya di pintu depan, firewall dan lantai. Sebenarnya sih takut terlalu berat kalau semuanya hahaha,” canda sang owner saat dihubungi melalui beee-beee-emmm.
Honda All New Civic Modifikasi SQ

Head Unit Bisa Multimedia

Selain mendengarkan musik, pria yang akrab dipanggil Toto ini juga memiliki syarat khusus untuk perangkat head unit, yaitu bisa multimedia. Maka dari itu, head unit Alpine IVA-W520E merupakan pilihannya karena memiliki layar 7 inci.
Honda All New Civic Modifikasi SQ
“Kadang kalau boring saat berkendara, multimedia juga bisa digunakan untuk nonton. Disamping itu, head unit ini untuk SQ juga tidak diragukan ya,” ucap Toto. Head unit tersebut disandingkan dengan processor Alpine PXA-H800 & RUX-C800 untuk mengolah suara yang lebih presisi.
Honda All New Civic Modifikasi SQ
Honda All New Civic Modifikasi SQ

Speaker 3-Way 1 Keluarga

Beralih ke sektor suara, Toto serta sang installer mengaplikasikan speaker 3-way yang masing-masing driver merupakan 1 keluarga. Perinciannya adalah Audible Physics HD27CR untuk tweeter, Audible Physics AP3UH untuk midrange, dan Audible Physics GF6.5 untuk midbass.
Honda All New Civic Modifikasi SQ
Penempatan untuk tweeter dan midrange di pillar A mengadopsi sistem on-axis dengan box midrange bervolume 1,5 liter. “Supaya bisa mendapatkan panggung yang lebih detail, serta staging dan imagine yang lebih clarity,” ucapnya.
Honda All New Civic Modifikasi SQ
Sedangkan midbass tetap diposisikan pada panel pintu depan dengan treatment wajib dari sang installer. “Ditambahkan tulang, semua lobang ditutup oleh lapisan aluminium, setelah itu dilapisi peredam. Tujuannya supaya lebih rigid lagi,” jawab Amin.

Honda All New Civic Modifikasi SQ

Subwoofer Dengan Sealed Box

Pindah ke urusan subwoofer, kali ini Toto bersama Amin menetapkan pilihannya kepada RS Audio Competition berukuran 10 inci. “Ini direkomendasikan oleh installer saya, setelah dipasang hasilnya tidak mengecewakan,” ucap Toto.
Honda All New Civic Modifikasi SQ
Subwoofer tersebut ditanam ke boks berjenis sealed dengan volume 34 liter. “Ukuran ini disesuaikan dengan ukuran kabin Honda All New Civic, kemudian rekomendasi dari pabrik adalah sealed box. Ya sudah hehe,” bilang Amin.

Power 2 Unit Sudah Optimal

Menurut sang installer, untuk menyalurkan daya ke masing-masing speaker pada Honda All New Civic ini hanya membutuhkan power sebanyak 2 unit. Pilihannya masing-masing adalah power Abyss Nobella Performance 4-channel untuk men-drive speaker depan serta power Art Nouveau 2-channel yang dipercayakan meng-handle subwoofer.
Honda All New Civic Modifikasi SQ
Honda All New Civic Modifikasi SQ
Dengan segala hasil modifikasi audio pada Honda All New Civic ini, Toto mengaku cukup puas. “Sudah pernah ikut kontes 2 kali dan bawa pulang 2 piala,” senyumnya. Sementara pada saat kontes SQ mSF 2012, Toto hanya bisa berkomentar sedikit. “Yang penting dibawa fun saja, karena dalam pertandingan pasti ada yang kalah dan menang. Lagipula kan bisa mengukur nilai dari para juri,” ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar